Ketimbang Ngemis, Komunitas Peduli Pekerja Keras.


Bagi kamu yang aktif di Instagram, mungkin tak asing lagi dengan akun @Ketimbang.Ngemis yang banyak mengangkat kisah mengharukan dari para manula dan penyandang cacat yang tetap berjuang untuk hidupnya dengan jualan ketimbang mengemis. Komunitas yang diprakarsai oleh anak muda bernama Rizky dari Yogyakarta ini, mengusung tagline Say NO to ‘MENGEMIS’ : Belilah Walau Tidak Butuh Sekalipun. Pada awalnya ia sekedar memposting di akun Instagram pribadinya karena haru melihat perjuangan dari seorang nenek dan kakek dalam menjalani hidup. Kemudian ia tak menyangka dari postingannya tesebut banyak yang antusias dan memberikan respon positif. Hingga akhirnya Rizky membuat akun @ketimbang.ngemis agar makin banyak orang yang sadar untuk membantu para manula dan penyandang cacat di kota masing-masing.

Berkat media sosial, akun ini menyebar begitu cepat alias booming, akhirnya menarik para anak muda dari kota yang berbeda untuk menggerakan akun ini menjadi sebuah perkumpulan alias komunitas. Salah satunya adalah @ketimbang.Ngemis.Bengkulu yang didirikan pada 18 Juni 2015. Ketimbang Ngemis Bengkulu alias KNB merupakan inisiatif dari seorang wanita bernama Riesa Tirta Maladewi. Wanita yang akrab disapa Tirta ini menjadi admin sekaligus Koordinator Wilayah KNB. Walaupun diusianya yang bisa dibilang muda yaitu 22 tahun, tak menyurutkan langkahnya ingin berkontribusi dalam membantu sesama.

“Pada mulanya saya tidak sengaja lihat akun instagram pusat, saya jadi tertarik untuk mendirikan Ketimbang Ngemis regional Bengkulu karena mau menggerakan  di wilayah Bengkulu jadi kita bisa terjun langsung ke lapangan membantu apa yang bisa kita bantu dan Alhamdulillah kegiatan ini mendapat reaksi positif dari teman-teman yang ada di Bengkulu ketika untuk pertama kalinya saya open recruitment relawan KNB” Ungkap Tirta.

Selain itu  KNB juga memilki kegiatan secara offline yaitu merencanakan, memberi dan mengevaluasi. “kegiatan kita itu ada ngumpul atau biasa kita namain gathering, awal bulan membuat agenda dimana akan membahas bagaimana KNJ kedepannya, list pendanaan, siapa saja target dan tugas masing-masing dari anggota KNJ tersebut, kemudian tim mensurvey target yang dimaksud dan esoknya, terus minggu kedua atau ketiga dari bulan tersebut kita mulai action untuk mendatangi target yang sudah kita catat dan kita persiapkan dan ahir bulan kita mengevaluasi kinerja masing-masing kita ” Terangnya

Banyak pengalaman luar biasa yang didapat oleh anggota komunitas @ketimbang.ngemis salah satunya adalah pengalaman  saat pertama kali mendatangi rumah sosok KNB. “Ada followers nunjukin target di suatu daerah, terus kita datengin dan alamatnya itu lumayan jauh dan susah banget dicari, karena ga lengkap juga informasinya. Tapi kita bener-bener telusuri sampai ketemu” kenang Tirta. Banyak harapan yang ingin digapai oleh Ketimbang Ngemis Bengkulu agar komunitas ini dapat menyebar dan manfaatnya meluas.

“Semoga yang belom follow akun Instagram kita, follow kita. Supaya aksi kita banyak yang lihat, didukung dan dibantu, dengan begitu kita juga bisa membantu mengurangi angka kemiskinan di Bengkulu” Nah bagi kamu yang memiliki jiwa sosial berminat untuk jadi Relawan Komunitas Ketimbang Ngemis bengkulu, bisa banget loh! Siapapun bisa jadi relawan, selain itu bagi kamu yang mau jadi donatur atau menyalurkan donasi juga bisa.  Langsung saja chat id line: Riesa_Tirta. Jangan lupa Pantengin terus akun @Ketimbang.Ngemis.Bengkulu ya! Sukses selalu KNB! 

Dan bagi kamu anak muda seluruh indonesia yang mempunyai rasa kepedulian dan tergerak hatinya untuk berbagi serta bergabung di Ketimbang Ngemis silakan bergabung di ketimbang ngemis regional kalian. Siapa lagi yang peduli kalau bukan kita...?

Related

YOC 2739579210436572841

Posting Komentar

Comments
0 Comments

emo-but-icon

Hot in week

Comments

My Photo
"Merupakan Media Informasi Kepemudaan Indonesia yang Meliputi : Scholarship, Youth Inspiration, Youth Talk, Youth Organisation, Youth Community, Youth Competation"
item