Youth Talk #4 - Menembus Beasiswa Djarum



Assalamualaikum. Wr. Wb.
Salam Inspirasi Pemuda Indonesia.

Youth Talk ke-empat ini membahas mengenai Beasiswa Djarum dengan bahasan "Menembus Beasiswa Djarum" dengan pemateri Dona Setiani, penerima beasiswa djarum 2015 dari universitas bengkulu. seperti biasa Youth Talk dalam setiap diskusinya membagi 2 sesi pertama sesi penyampaian materi dan kedua sesi tanya jawab.

Pada sesi pertama dona menjabarkan, Djarum Beasiswa Plus, beasiswa ini adalah salah satu program dari Djarum Foundation yang diperuntukkan kepada mahasiswa yg sedang menempuh semester 4 dari berbagai universitas di penjuru Indonesia yang masuk dalam daftar perguruan tinggi program djarum beasiswa plus (kesempatan sekali seumur hidup). Dimana periode beasiswa ini selama 1 tahun. Para beswan djarum (sebutan untuk para penerima beasiswa djarum) bukan hanya mendapatkan beasiswa dalam bentuk dana melainkan juga berkesempatan untuk mengeyam berbagai pelatihan softskills di berbagai kota di indonesia. Pendaftaran beasiswa ini dibuka hingga 27 mei 2016. Persyaratan untuk mendaftar beasiswa djarum bisa di chek di : djarumbeasiswaplus.org. Bagi yg belum menyiapkan persyaratan ayo dipersiapkan segera dan isi formulir onlinenya. Tahapan seleksi nya ada beberapa tahapan, yaitu tahap administrasi, tes tertulis, FGD (Focus Group Discussion) dan wawancara.

Pada sesi tanya jawab terbagi 2 bagian pertama sesi tanya jawab antara moderator dengan pemateri dan selanjutnya sesi tanya jawab antara peserta dengan pemateri. Berikut uraiannya :
Moderator : Apakah IPK memiliki pengaruh besar dalam seleksi djarum..?
Dona : 
Kalau menurut saya sendiri, IPK itu menjadi salah satu yang dilihat sebagai syarat awal apakah kita memenuhi kriteria yang telah panitia tentukan yaitu min 3,00. Tentunya yang memiliki IPK lebih tinggi akan menjadi poin plus untuknya, membuktikan bahwa akademik nya baik. Akan para penyeleksi lihat apakah kita bisa menyerasikan dan menyeimbangkan IPK yang tinggi tadi dengan kegiatan non akademik lainnya seperti organisasi dan kegiatan positif lainnya. Dan satu hal, jangan terlalu memusingkan seberapa tinggi nilai IPK orang lain, yang terpenting adalah hasil dari proses yg telah kita lalui dengan berusaha sebaik mungkin. Malah ada teman saya yang juga lolos beasiswa djarum, IP semester 4 nya pas-pasan 3,00. tapi pada akhirnya dia tetap LOLOS walaupun ada yang IPK nya lebih tinggi dari dia. So, IPK tinggi itu penting tapi bukan yang menentukan segalanya kita lolos atau tidak.

Peserta (Iqbal) : 
Saya dari UIN Bandung, saya ingin tanya mengenai seleksi terlebih dahulu. Tadi kan dona bilang seleksi administrasi, nah itu boleh diberitahu apa aja kah ? Apakah ada persyaratan seperti toefl/ielts dan untuk test tertulisnya itu mengenai hal apa saja kah ? 
Dona : 
Kalo untuk tahap administrasinya, kita cuma di minta untuk mengisi formulir online di www.djarumbeasiswaplus.org/register dan juga menyiapkan berkas persyaratan seperti PDF form pendaftaran online tadi, pas foto 4x6, fotokopi KTM, Transkrip nilai dari semester 1-3 (LHS juga boleh), surat keterangan aktif berorganissi, fotokopi sertifikat, surat keterangan tidak rangkap beasiswa. Lebih detail tentang persyaratan bisa dilihat di www.djarumbeasiswaplus.org. Sedangkan Kalau untuk toefl dan sejenisnya tidak ada. 
Tips  tahap administrasi : isi lah selengkap-lengkapnya pada form tsb. Jangan sampai ada yg tertinggal atau hanya di isi sekedarnya, begitupun persyaratan lainnya. Maksimalkan jawaban trbaik utk setiap pertanyaan pda formulir, jangan setengah-setengah. Sertakan juga sertifikat organisasi atau seminar yang pernah diikuti selama kuliah (sebanyak-banyaknya) untuk dikirim bersama persyaratan lainnya. Ini akan menjadi poin plus pada tahap ini. Tes tertulis nya ada 2 yaitu tes potensi akademik (seperti soal pada SBMPTN) dan tes psikologi.
Untuk soal TPA ada pengetahuan umumnya juga  selain soal logika, verbal, perhitungan matematika dasar dan lain-lain. TIPS : Harus pintar memanfaatkan waktu yang terbatas. Kerjakan soal yang mudah, jangan berkutat pada soal yang sulit. Karena waktu terus berjalan. bocoran sedikit, pada tes ini tidak ada minus dalam menjawab.

Related

Youth Talk 7869379984485519033

Posting Komentar

Comments
0 Comments

emo-but-icon

Hot in week

Comments

My Photo
"Merupakan Media Informasi Kepemudaan Indonesia yang Meliputi : Scholarship, Youth Inspiration, Youth Talk, Youth Organisation, Youth Community, Youth Competation"
item