Youth Talk #2 - Menembus UGRAD Scholarship

Youth Talk merupakan program diskusi online via WA yang di latar belakangi cukup sulitnya bertemu langsung dengan pemuda inspirasi dan berprestasi di karenakan beberapa hal seperti jarak, waktu, atau lokasi yang terpisah. Maka dari itu Youth Talk hadir sebagai media penghubung pemuda di seluruh indonesia untuk dapat berdiskusi langsung dengan pemuda inspirasi dan berprestasi ini. Peserta Youth Talk dapat berbincang langsung dengan pembicara misalnya bertanya dan berkenalan tentunya via WA. 


Sabtu 02 April 2016 pukul 19.30 WIB, Youth Talk #2 mengusung teman Menembus UGRAD Scholarship dengan pemateri ahli penerima beasiswa Global UGRAD 2014-2015 yaitu Luqman Arjasari Asa di Tennessee Tech University selama 2 semester dan Maya Maulina di Missouri State University. Youth Talk #2 ini diikuti 67 pemuda dari seluruh indonesia mulai dari pelajar dan mahasiswa. Setidaknya terdapat 3 bagian utama dalam Youth Talk #2 ini antara lain Perkenalan, Pemaparan Materi dan Sesi Tanya Jawab. Namun dikarenakan Maya Maulina memiliki pertemuan dengan dosennya pada jam yang sama maka untuk Youth Talk #2 ini hanya di isi oleh Luqman saja. Namun demikian diskusi Youth Talk #2 tetap berlansung dengan baik dan penuh antusias dari peserta.

19.30 - 19.45 di gunakan untuk perkenalan peserta Youth Talk #2 dan diskuksipun di mulai pada pukul 20.00, Luqman sebagai pemateri utama menyampaikan, Beasiswa Global UGRAD adalah beasiswa satu-satunya dari pemerintah Amerika Serikat yang memberikan kesempatan real untuk mahasiswa dari negara berkembang untuk berkuliah secara penuh di salah satu universitas di Amerika Serikat. Global UGRAD adalah beasiswa dibawah naungan institusi World Learning yang berada di Washington, D.C. Dan merupakan salah satu anak program beasiswa Fulbright. Beasiswa ini diberikan ke mahasiswa yang sedang berkuliah di semester 1 hingga semester 6. Jadi yang semesternya diatas 6 gak bisa ikut beasiswa ini. Namun ada juga program excange bulanan/mingguan dari pemerintah Amerika Serikat namanya YSEALI dan SUSI Program yang bisa diikuti semester berapapun. Namun untuk itu kita diskusikan diluar chat grup ini. Kita fokuskan diskusi ke beasiswa Global UGRAD ini dulu.
Proses seleksi hampir sama dengan beasiswa lain yaitu:
1. Administrasi
Dimana kalian harus melengkapi aplikasi beasiswa dan dokumen2 yg diminta oleh pihak AMINEF (Pengelola beasiswa pemerinta Amerika Serikat di Indonesia). Dokumennya seperti Essay, Surat Rekomendasi dan Sertifikat TOEFL.
2. Interview
Setelah selesai lulus tahap administrasi kalian akan diterbangkan ke jakarta secara gratis untuk ikut tahap interview di kantor aminef. Interview 30 menit dengan 3-5 interviewer
3. TOEFL iBT
Setelah dinyatakan lulus interview kalian akan diberi waktu 1-2 bulan untuk belajar toefl iBT lalu tes di jakarta. Semua biaya dicover.
Setelah melewati itu semua kalian akan dinyatakan lulus beasiswanya dan akan melakukan Pre-Departure Orientation atau pelatihan sebelum berangkat beberapa minggu sebelum berangkat.

Ketika sesi pertanyaan di buka ada beberapa peserta yang sangat antusias untuk bertanya namun demikian sesi pertama di buka hanya untuk 3 penanya sehingga Anjir, Miko dan Dedek berhasil mendapatkan kesempatan untuk bertanya. Misalnya pertanyaan dari mas Miko yang bertanya bagaiman timelinenya dari awal pendaftaran sampai akhir dan apa yang harus disipakan sejak dini agar membantu ketika apply pendaftaran..?
Luqmanpun menjawab, Untuk timeline ugrad tahun ini beda dengan angkatan saya. Karena terjadi perombakan sehingga waktu pembukaan dan penutupannya pun berbeda. Untuk Info lengkapnya bisa di lihat di situs aminef.or.id pada bagian Global UGRAD.Untuk hal-hal yg harus dipersiapkan sejak dini yaitu:
1. Persiapkan bahasa inggris kalian, karena ini hal yg mutlak. Jangan terlalu mencari kesempurnaan. Saya sewaktu menuju tahap interview memiliki kemampuan bahasa inggris terburuk dari aplicant yg lain, namun alhamdulillah saya berhasil. 
2. Pelajari TOEFL, raih nilai diatas 500. Syarat pendaftaran ugrad yaitu 500 dan syarat untuk kuliah di amerika yaitu 500-550, jadi targetkan diatas 500.
3. Perbanyak kegiatan organisasi dan raih pengalaman sebanyaknya mengikuti kegiatan sosial karna itu modal besar untuk kalian bisa lulus.

Pada sesi kedua tanya jawab lagi-lagi perserta sangat antusias untuk bertanya dan 3 pernanya yang beruntung tersebut adalah Refia, Runeh dan Sonia. Seperti pertanyaan dari Refia berikut ini. 
1) apakah lulusan diploma bisa melanjutkan studi ke LN khususnya ke UGRAD ini ?
2) Saya belum pernah dengar AMINEF ini kak apakah untuk dibantu oleh aminef itu harus membayar, lalu semisal kita lolos dengan bantuan aminef apakah akan ada follow up nya ?
3) apakah di UGRAD bisa lintas jurusan, misal dari teknik ke bahasa apakah bisa ?
4) Kegiatan sosial yang seperti apakah yang diharuskan buat kita internasional student itu kak, boleh share pengalamannya ?

Luqman pun menjawab,
1. Lulusan diploma sayangnya tidak bisa lanjut ke ugrad ini karena beasiswa ini khusus yang masih kuliah di bangku kuliah S1. 
2. AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation) adalah institusi pengelola beasiswa yg diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat ke mahasiswa Indonesia. Bisa buka www.aminef.or.id  untuk info lengkapnya. Sekali kita diundang oleh aminef, kita tidak akan mengeluarkan uang apapun. Semua biaya dari proses seleksi, kuliah dan pulang ke indonesia akan ditanggung Aminef sama World Learning. Jadi kalian tidak akan mengeluarkan satu sen pun kecuali untuk keperluan pribadi
Follow upnya nanti kalian akan diminta untuk promosi dan melakukan berbagai kegiatan untuk sharing-sharing mengenai beasiswa ini seperti yang saya lakukan sekarang
3. Kita tidak bisa mengambil jurusan selain jurusan yang kita ambil di universitas Indonesia. Jadi kalau jurusan kalian engineering, maka kalian akan kuliah engineering di USnya
4. Banyak banget kegiatan sosial yg bisa kita ikuti selama kuliah di US. Seperti membangun rumah untuk homeless, membagikan makanan, memperkanalkan negara asal kalian. Donasi barang2 tak terpakai, merawat hewan peliharaan. Pengalaman saya yaitu saya pernah membantu komunitas Habitat For Humanity untuk membangun rumah untuk homeless. Saya juga pernah membantu menulis nama anak-anak kecil di kota Cookeville dengan tulisan tegak bersambung. Saya juga pernah menjadi penerjemah bahasa inggris ke indonesia untuk kantor internasional kampus TTU. Pengalaman kalian selama mengikuti kegiatan sosial pasti akan worth banget.

Yura selaku moderator pada Youth Talk #2 menyimpulkan, Global Ugrad adalah beasiswa dari pemerintah amerika untuk negara-negara berkembang seperti indonesia dan ini di biayai full, penerima global ugrad merupakan mahasiswa semester 1-6, adapun persyaratan umumnya adalah pengisian essay, cv, toefl ITP 500 - 550 dan wawancara.

"Beranilah Bermimpi Besar Karena dengan itu Kamu Akan Mampu Menjadi Orang Besar"

Related

Youth Talk 4935357646165150688

Posting Komentar

Comments
0 Comments

emo-but-icon

Hot in week

Comments

My Photo
"Merupakan Media Informasi Kepemudaan Indonesia yang Meliputi : Scholarship, Youth Inspiration, Youth Talk, Youth Organisation, Youth Community, Youth Competation"
item