Beasiswa Mahasiswa S1 PTN di Seluruh Indonesia oleh 3B AFIM


Sapanesia - Beasiswa merupakan hal penting bagi mahasiswa untuk menunjang pendidikannya. Tidak tertutup kemungkinan bagi setiap mahasiwa untuk mendapatkan beasiswa jika rajin mencari informasinya. Sungguh berita baik bagi kalian beasiswa hunter bahwa telah dibuka beasiswa lain untuk kalian mahasiwa PTN di seluruh Indonesia.

Program belajar bersama Bang AFIM (3B AFIM) merupakan program bersama PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) Montpellier, Asosiasi Persaudaraan Indonesiano-Fancais-AFIM, dan Association Humanitaire Internasionale-AHI yang bertujuan untuk membantu mahasiswa berprestasi secara akademik dan bermotivasi tinggi tetapi kurang mampu dalam membiayai perkuliahannya di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Beasiswa ini dikhususkan untuk mahasiswa PTN minimal semester 5.

Program beasiswa ini terlahir atas kepedulian dari komunal yang didedikasikan kepada generasi cendekiawan muda di tanah air. Ide ini pun dituangkan dari hasil pemikiran para mahasiswa PPI Montpellier sejak bulan Februari 2009 dan mulai didengungkan ke ruang multikomunitas pada bulan April 2009. Penggalangan dana beasiswa bersumber dari sumbangan sukarela dan donasi tetap para pelajar PPI Montpellier, komunitas AFIM, komunitas AHI dan donatur lainnya. Hingga kini, penerima beasiswa AFIM sudah tersebar hingga pulau Kalimantan, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua.

Beasiswa meliputi pemberian biaya SPP, biaya hidup bulanan, pembelian buku atau referensi kuliah. Selain itu, para pelajar PPI Montpellier secara langsung menjadi kakak angkat dalam rubrik bimbingan akademis seperti akses referensi penunjang perkuliahan sekaligus menjadi inspirator dan motivator untuk melanjutkan studi.

Untuk kalian mendaftar pada beasiswa AFIM ini kalian harus melengkapi beberapa persyaratan yang telah ada. Beberapa persyaratan untuk mengikuti beasiswa S1 2016 dari 3B AFIM adalah sebagai berikut :

  1. Merupakan mahasiswa S1 dari salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang telah memasuki semester 5
  2. Memiliki prestasi akademik yang baik
  3. Bermotivasi tinggi
  4. Sebelumnya tidak pernah menerima bantuan 3B AFIM
  5. Terbatas dalam membiayai proses perkuliahan
5 poin di atas merupak syarat mutlak dan kalian harus memenuhinya. Untuk berkas dokumen yang dibutuhkan jika ingin mengikuti beasiswa ini, berikut yang harus kalian lengkapi :

  1. Mengisi Form Registrasi dengan sebenar‐benarnya
  2. Scan foto terbaru berwarna
  3. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Scan Kartu Mahasiswa
  5. Scan Kartu Keluarga
  6. Scan transkrip nilai dari semester 1 s/d sekarang
  7. Surat motivasi dengan panjang 1 halaman
  8. Surat keterangan tidak mampu orang tua/wali dan atau tagihan PBB tahun terakhir dari rumah orang tua/wali dan atau tagihan listrik bulan terakhir rumah orang tua/wali
  9. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun yang ditandatangani oleh pihak kampus (fakultas)
  10. Scan sertifikat‐sertifikat pendukung
Seluruh hasil scan (nomor 2 sampai 10) di atas bisa kalian kirim dalam bentuk format .JPG atau .PDF dengan catatan dokumen hasil scan kalian harus dapat terbaca dengan jelas. Kemudian simpan dalam 1 file folde, kemudian kalian compress dengan format .ZIP atau .RAR dengan nama file folder "afim2016_namapemohon". Ingat total kapasitas file kalian jangan melebihi 10 MB. Setelah itu kalian dapata kirimkan ke alamat email: afim.montpellier@gmail.com dengan subject email: "afim2016_nama" sebelum tanggal 1 April 2016. Dokumen harus lengkap sesuai dengan yang telah dicantmkan di atas. Jika berkas dokumen tidak lengkap maka berkas tidak akan diproses dan dinyatakan gugur.

Untuk tahapan dalam beasiswa ini terdapat 2 tahap yaitu Pendaftaran dan Seleksi.
A. Pendaftaran
     Pendaftaran dan pengiriman berkas akan mulai dari tanggal 17 Januari sampai 1 April 2016. Berkas wajib kalian kirim lewat email afim.montpellier@gmail.com.

Foto : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgC2YD6-e5c2PIE_M3ZPDKBiRmK6xGZ8pln1hvVYNpGq44CKmwRvOafVGd2AscoZXQV-teVIX88eFfFe14kKwMA9ul8YfU6hPZwTwmGA1HzMkgaWvdwJF-FkMFEmcT42BSIdabp_7DH2nDE/s1600/tahapan-pelaksanaan-bang-afim-beasiswa-mahasiswa-s1.png

B. Seleksi
     Pada tahapan selesi terdapat 5 tahapan yang akan kalian ikuti diantaranya :

  1. Tahap pertama adalah seleksi administrasi. Para peserta yang tidak melampirkan persyaratan lengkap secara otomatis akan dinyatakan gugur. Pengumuman para kandidat yang lolos akan diinformasikan pada tanggal 3 April 2016 melalui website PPIM (www.ppimontpellier.org) dan situs 3B AFIM
  2. Tahap kedua adalah seleksi akademis. Dokumen yang dikirimkan oleh peserta akan dinilai panitia berdasarkan aspek akademis, potensi dan motivasi, kondisi ekonomi keluarga dan prestasi lainnya. Pengumuman hasil seleksi tahap kedua akan diinformasikan pada tanggal 1 Mei 2016 melalui website PPIM dan email masing‐masing kandidat 
  3. Tahap ketiga adalah seleksi wawancara. Para peserta yang berhasil lolos seleksi tahap kedua akan diwawancarai oleh perwakilan PPIM di Indonesia pada bulan Mei 2016
  4. Pengumuman akhir para penerima beasiswa 3B AFIM akan diumumkan pada tanggal 26 Juni 2016 melalui website PPIM dan email masing‐masing kandidat

Jika informasi yang diberikan masih kurang, kalian dapat menghubungi panitia pelaksana beasiswa lewat email: afim.montpellier@gmail.com.

Related

scholarship 2511714398173124351

Posting Komentar

Comments
0 Comments

emo-but-icon

Hot in week

Comments

My Photo
"Merupakan Media Informasi Kepemudaan Indonesia yang Meliputi : Scholarship, Youth Inspiration, Youth Talk, Youth Organisation, Youth Community, Youth Competation"
item