Interline - Puguh Sang Founder Of Indonesia Youth Dream. Aktif dan Cerdas Itulah Dirinya.

Puguh Dwi Kuncoro - Founder IYD
Youth Inspiration - Indonesia merupakan negara terbesar di Asia Tenggara baik dilihat dari sisi luas negara maupun dari sisi jumlah penduduknya. Terlebih lagi menurut beberapa riset kependudukan tak dapat pungkiri lagi bahwa saat ini Indonesia tercatat memiliki penduduk dengan angka terbesar pada rentang usia 15-30 tahun. Yang mana hal ini menandakan Indonesia mendapatkan bonus demografi. Bila dilihat dari sisi positifnya tentu ini merupakan peluang besar bagi indonesia untuk menjadi negara maju 10 tahun kedepan. Lebih lagi fenomena baru-baru ini menunjukan peningkatan kualitas pada diri anak muda Indonesia. Hal tersebut bisa diamati dengan tumbuh dan berkembangnya gerakan kepemudaan yang berhaluan sosial dan bertujuan menyuntik semangat kepemimpinan anak muda saat ini menuju kepemimpinan nyata di masa depan. Salah satunya adalah Indonesia Youth Dream. 

Indonesia Youth Dream atau yang lebih akrab disebut dengan IYD mulai terbentuk pada tahun 2014 melalui Puguh Dwi Kuncoro sebagai Founder. Indonesian Youth Dream Foundation adalah sebuah Non-Goverment Organization yang bergerak dibidang Nationalism, Creativity and Youth Development Program. Alumni S1 Psikologi Universitas Teknologi Yogyakarta ini memiliki visi mulai untuk memajukan Indonesia melalui pengembangan karakter anak muda. 


Terus terang beruntung sekali sapanesia berkesempatan untuk mewawancari secara online (Interline) Founder IYD ini. Pria yang akrab disapa dengan nama Puguh ini begitu terbuka dan senantiasa berbagai pengalaman, berikut Interview Online bersama mas Puguh Dwi Kuncoro.

1. Ceritakan sedikit latar belakang mas seperti apa ..?

Hallo, saya Puguh D. Kuncoro. Saya seorang Youth Development Trainer yang telah berkeliling Indonesia untuk mencoba menginspirasi anak-anak muda agar mau keluar dari zona nyamannya. Kalau ada yang tahu Kota Nganjuk, maka itulah kota kelahiran saya meskipun saat ini saya menetap, tinggal dan menjadi warga dengan KTP DI. Yogyakarta. Saya adalah orang yang sangat passionate dibidang pendidikan, itulah alasan saya terus belajar sepanjang hayat baik secara formal maupun non-formal agar dapat menjadi manusia yang tidak sekedar pintar tapi juga berbudi luhur tahu mana yang benar dan mana yang salah.

2. Apasih arti impian atau cita-cita bagi mas Puguh serta bagaimana langkah mas menggapainya..?

Bagi saya, mimpi itu diibaratkan bahan bakar untuk menjalankan sebuah kendaraan. Bayangkan kendaraan itu manusia, jika dia tidak memiliki bahan bakar maka dia tidak akan pernah kemana mana. Artinya, kita harus memiliki mimpi agar kita terus hidup dan bergerak.

3. Indonesia Youth Dream apakah salah satu cita-cita mas Puguh ..?

Tahun 2012 saya menuliskan 200 mimpi liar saya disebuah buku yang saya beri nama "My Wildest Dream Book" Buku tersebut memuat semua mimpi saya secara detail, pada awalnya banyak orang yang berkata saya terlalu mengkhayal saya terlalu mengada ada, tapi alhamdulillah saya berhasil mewujudkan mimpi-mimpi yang ada dibuku tersebut. IYD sendiri adalah mimpi ke 87 saya.

4. Sebagai President IYD apa yang ingin mas sampaikan kepada anak muda indonesia ..?

Seperti kata andrea hirata "Bermimpilah, maka Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu" saya ingin anak muda Indonesia menjadi anak muda yang optimis dalam memandang masa depan. Lewat Yayasan yang saya dirikan ini semoga semakin banyak anak muda yang berani untuk mewujudkan impiannya demi kebaikan bersama.

5. Bagaimana mas melihat fenomena gerakan social project yang belakangan ini marak di indonesia ..?

Saya pikir itu sangat bagus, karena Indonesia sedang membutuhkan banyak orang yang peduli dan menginspirasi. Sekarang sudah bukan jamannya superman atau superhero yang menjadi pahlawan sendirian. Sekarang jamannya kita bersama sama menjadi pahlawan dalam sebuah team. Indonesia butuh lebih banyak anak-anak muda yang solutif base bidang masing-masing untuk ikut serta mengisi kemerdekaan.

6. Seberapa penting peran anak muda buat kemajuan bangsa kedepan..?

Kalau boleh menengok sejarah, Ir.Soekarno, Drs. Hatta, Sutan Sjahrir adalah kaum muda yang rela meninggalkan zona nyamannya untuk menolong bangsanya. Jika pada masa itu anak muda sudah mampu menggerakan bangsa kenapa pada masa ini tidak ? Tentu anak muda juga memiliki peran sentral dalam segala bidang berbangsa dan bernegara tinggal bagaiamana kita mau tekun dan konsisten. Karena seperti kata ini "menjadi baik itu mudah, konsisten dengan perbuatan baik itulah yang tidak".



"Ayo ambil peran dan tindakan nyata, sudah bukan saatnya hanya bisa mengkritik tanpa memberi solusi. Sudah bukan masanya banyak bicara tapi minim aksi nyata. Saatnya berubah, bangsa ini butuh banyak tangan untuk menggengggam tenun-tenun kebangsaan yang akan menjadi mahakarya indah dimata dunia". Puguh Dwi Kuncoro

Related

Youth Inspiration 539576974861228531

Posting Komentar

Comments
0 Comments

emo-but-icon

Hot in week

Comments

My Photo
"Merupakan Media Informasi Kepemudaan Indonesia yang Meliputi : Scholarship, Youth Inspiration, Youth Talk, Youth Organisation, Youth Community, Youth Competation"
item